welcome to ara's blog .. ^^

welcome to ara's blog .. ^^

Minggu, 24 Oktober 2010

tugas 2 : perkembangan teknologi informasi sejak 1996

1996
  • Muncul Web TV
1997
  • Jaringan komputer semakin berkembang luas, domain internet yang muncul melebihi 1,3 juta buah.
1998
  • Host di internet melampaui lebih dari 30 juta
  • Perangko pertama di dunia dijual online oleh US Postal.
  • E-Commerce dipopulerkan oleh Bill Clinton lewat pertemuan APEC di Malaysia.
  • Home Video Computer meledak di seluruh dunia.
  • media penyimpanan video berubah dari tape ke bentuk optik.
 1999
  • Mucul aplikasi video phone
  • TV interaktif mulai digunakan untuk bermain game dan terhubung ke pemirsa lain, selain untuk kegiatan shopping.
2000
  • HDTV mulai diluncurkan
  • "Black April" terjadi di bursa saham Nasdaq, yaitu jatuhnya harga saham besar-besaran di perusahaan dotcom dunia pada tanggal 17 April 2000.
2001
  • Pada tahun 2001, pengembangan program cloning sedang marak dimana-mana, yaitu memanfaatkan 1 komputer yang memiliki kapasitas besar dan dibagi ke komputer-komputer lainnya melalui sistem jaringan. Sehingga sekolah tidak perlu membeli banyak komputer lagi, namun cukup membeli 1 komputer yang berkapasitas besar. Namun, pengetahuan ini masih amat terbatas, karena dibeberapa tempat menjadi sebuah lahan bisnis yang menggiurkan dan ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi.
2002
  • Secara resmi pemerintah Indonesia meluncurkan portal nasional pada tanggal 20 mei 2002
2006 s.d 2009

  • Jumlah pemakai internet Indonesia meningkat drastis dari yang hanya mencapai 500.000 pada tahun 1998, sekarang mencapai jumlah 35 juta user.
  •  Mobile Internet mulai menjadi trend.
  • Digital Tv is Coming Soon
  • Jika kita lihat dari mulainya teknologi komputasi diperkenalkan pada tahun 1970, berarti sekarang Indonesia sedang memasuki tahun ke 40 dalam perjalanan perkembangan teknologi informasi. Hmm, 40 tahun, jika diibaratkan seorang manusia, umur 40 adalah umur dimana kita telah mendapat kematangan dan bisa dibilang kesuksesan. Saya sempet teringat ucapan guru SMA saya, beliau mengatakan jika pada saat umur 40 seseorang belum mendapatkan pekerjaan yang baik atau posisi yang bagus di bidangnya, habislah sudah kesempatan dia untuk meraih kesuksesan, istilahnya sudah telat.
  • Jadi, bagaimana menurut anda ? apakah saat ini, di umur ke 40-nya perkembangan IT Indonesia sudah ada di posisi yang bagus untuk terus melaju dan bersaing dalam globalisasi ? mumpung masih hangat-hangatnya perayaan tahun baru, apakah ada harapan anda terhadap perkembangan IT di Indonesia di tahun ini ? Let us know, silahkan share pendapat di kolom komentar.

2010
  • Social Gaming Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropaymentyang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
  • Body Motion Sensor Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
  • Augmented Reality Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
  • Internet TV Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
  • Mobile Payments Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
  • Online Application Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web dengan model Office Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.
  • Cloud Computing Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing akan merambah lebih jauh di tahun 2010. Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan file maupun email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan service dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar